17 Agustus 2022

Apa itu Pengenalan Cerita Rakyat Madura

Apa itu Pengenalan Cerita Rakyat Madura. Pengkajian serta riset cerita Rakyat Madura penting untuk penduduk Indonesia terutamanya penduduk Madura, supaya ingat kembali salah satunya kekayaan Bangsa Indonesia adalah cerita rakyat Madura agar bisa dilestarikan dan diperkenal terhadap banyak angkatan muda, utamanya angkatan muda Madura.

Dalam Blog Arudam disebutkan bahwa cerita rakyat Madura tumbuh berkembang bersama dengan pengucapnya. Dulu kala, cerita rakyat Madura memperoleh tempat terhormat di hati pemiliknya sebab cerita rakyat sebagai medium primer dalam mewarisi nilai-nilai baik dan mulia Bangsa Madura bersama tuntunan-ajaran moralnya.

Dalam cerita rakyat, ada empat peranan reliabilitas, ialah kegunaan pengajaran, media pelarian diri dari beberapa batasan budaya yang berterima, membela identitas budaya, dan validasi beberapa norma budaya yang ada. Dengan begitu, cerita rakyat sebagai satu diantaranya sistem penting dalam membela kestabilan kebudayaan.

Tentang hal type tuntunan kepribadian yang diterangkan meliputi seluruhnya spektrum kehidupan Orang Madura. Dia ialah cerminan dari kehidupan warga Madura dan disembahkan dengan kualitas terpilih buat membahagiakan pendengarnya.

Sayang dengan makin maju dan mengembangnya kurun, angkatan Madura saat ini mulai lupakan cerita rakyat mereka sendiri. Ini bisa ditunjukkan dari jumlah dari mereka yang berasa asing dengan beberapa nama figur legendaris seperti Pangeran Segara, Ki Poleng, Bendoro Tumenggung, Jokotole, Adipoday, Adirasa, Dewi Retnadi, Ke’ Lesap, serta beberapa tokoh legendaris yang lain.

Merangkumun pun berkesan kurang mengetahui terkait riwayat nama dusun mereka serta beberapa cerita lain berkaitan desa halaman mereka. Walau sebenarnya, pengetahuan akan asal mulanya desa halaman sangat penting buat membela budaya leluhur mereka

Biarpun pengamatan terkait cerita Rakyat Madura ini sudah seringkali dikerjakan, tapi penilaian secara dalam buat mengeduk lebih jauh mengenai metamorphosis cerita rakyat orang Madura bersama-sama aspek yang bersamanya, jarang-jarang dikerjakan.

Pengamatan yang menempatkan pendekatan fungsionalisme yang memiliki arti jika dalam legenda atau cerita rakyat, ada suatu hal yang pengin dikonsultasikan atau diungkapkan pada suatu golongan masyarakat. Sebab cerita rakyat merupakan teknik untuk menyampaikan nilai-nilai serta memberitahukannya ke golongan masyarakat.

 

Apa itu Pengenalan Cerita Rakyat Madura.